ngobrol santai tentang trinitas dgn bro arema

Moderator: Forum Control

Re: ngobrol santai tentang trinitas dgn bro arema

Postby 1 God » 2011 02 04, 8:25

QUOTE ANDA SUPER RUWET!!!!
lihat paling bawah
campur aduk gak karuan
arema wrote:
arema wrote:
1 God wrote:pertanyaan buat anda...
1. Mungkinkah Tuhan berjanji kepada manusia dan anak turunnya, meskipun manusiannya atau anak turunya berkelakuan celaka
2. Mungkinkah Tuhan berjanji kepada manusia yang mana Tuhan tidak mampu untuk memenuhinya
Kenapa tidak? Tuhan tau kok bahwa tidak ada anak turun Adam yg bakal 100% tidak berdosa.
1. Sangat mungkin. Toh semua tindakan/kelakuan celaka itu ada hukumannya sendiri. Tuhan berjanji kepada Abraham, bukan berarti lantas seluruh keturunan Abraham akan menjadi org suci sepenuhnya.
2. Segala janji Tuhan pasti akan digenapi.
saya benerin quotenya ya :grin:
point #2... jawab saja... (kalo Tuhan berjanji ---> pasti dipenuhi ... anak tk juga tahu)
mungkin / tidak ???
arema wrote:
arema wrote:Tuhan tetap berbuat meski semestinya Tuhan tidak perlu melakukannya lagi krn sdh dilecehkan.
coban anda artikan!!!
Justru dgn kalimat itu saya tidak 'memastikan'/mengharuskan Tuhan. Kata "semestinya" di situ adalah logika manusiawi. Jika saya ikuti logika itu, maka saya akan seperti anda menolak pembuktian dr Tuhan. Justru krn saya menerima pembuktian Tuhan maka saya beri kata "meski".
Jadi begini: menurut logika manusiawi Tuhan itu semestinya tidak perlu melakukannya lagi (membuktikan). Tapi krn Tuhan adalah konsisten, maka Dia tetap membuktikan (meski otak manusia bilang tidak perlu).
anda tidak bisa bersifat kesatria ya? :laugh:

arema wrote:
berpribadi tidak sama berperasaan
Tuhan adalah kebaikan
perasaan hanya milik orang... conto = menyesal, menangis, benci, galau, tidak menentu...
mana penjelasannya???....
Saya belum akan menjelasakan. Saya pertegas dulu, apakah MARAH, MURKA, MENGASIHI, MENCINTAI, itu bukan bagian dr perasaan?
Jawab itu dulu.
itu adalah perasaan...
terus jika murka ---> akan melaknat (itu benar)
lha salah? terus menyesal... gitu?? tinggal jawab sajakan
itu adalah mudah!!!

arema wrote:
saya tulis, rinciannya ada, tapi oleh anda tidak dicantumkan...
harus buka lagi halaman sebelum
Belum mas..yg saya minta adalah rincian : apa dianalogikan apa, begitu satu persatu.
bukan hanya disini cak, tapi juga ditempat yang laen

arema wrote:
arema wrote:1. Jadi bukan saya yg mengharuskan Tuhan membuktikan, tapi manusia bisa bersyukur krn Tuhan sudah memebri bukti. Dan akan selalu begitu adanya.
2. Buat apa mikir yg neko2, krn faktanya adalah Tuhan itu kasih dan terbukti mampu memberikan bukti akan kasihNya. Jadi kalau ada fakta2 lain ttg bukti kasih Tuhan kenapa pula saya harus ragu? Dan hal apa yg anda anggap neko2 untuk apa yg berasal dr Tuhan?
itu semua adalah betul
-----------------
lihat, bahasan ini jadi bias, dan untuk mengerti saya harus lihat halaman sebelum
-----------------

Gak ada yg bias kok.
maksud saya bias...
coba ini ngomong tentang apa?
lihat hal belakang dulu... :surprise:
tidak praktis dan membingungkan

arema wrote:
saya tahu...
Kalau tahu kenapa nuduh perpuluihan hanya buat makan pendeta?
pointnya ----> Pendeta = pengemis, karena untuk makan saja harus mengais dari 10%an
Lah emang itu ayat dibuat oleh pendeta?
jadi dalil agar pendeta jadi perampok / pengemis...
gitu aja kaga ngarti...
terus penulis dalil itu kerjanya apaan??? apa bukan pendeta? :grin:

arema wrote:
justru ngga pernah diaudit, timbul kecurigaan...
lihat, sape yang nyeponsorin bagi2 indomie?
1. Kalau curiga ya silakan audit, kalau gak mampu jgn cuma nuduh.
2. Kok jadi lari ke bagi2 indomie? Kan tuduhan anda perpuluhan hanya untuk pendeta?
anda lihat...
1. ngapain ngurus urusan orang :laugh: :laugh:
2. terus biaya indomie dari mana cak? :grin:
dimanapun benalu bisanya menghisap saripati inangnya sampai mati...





arema wrote:
arema wrote:Yang buat kebutuhan bangun gedung gereja, perawatan gedung gereja, gaji para ekerja adminsitrasi gereja, buat bangun sekolah2, rumah sakit, panti jompo, panti pemulihan narkoba, panti asuhan, anda pikir drmana?
lihat atas
Di atas anda tidak cukup punya bukti untuk menuduh perpuluhan hanya untuk memperkaya pendeta.
bukan memperkaya
tapi jadi benalu umat

arema wrote:
pointnya sama ngga cak? sama tulisan saya...
pertanyaan yang sama yang belum dijawab...
1God wrote:tulisan anda malah memperjelas kalau
Tuhan dalam persepsimu adalah Tuhan yang bodoh!!!!
Tuhan menurunkan hukum, yang mana manusia tidak bisa melakukan hukum itu sendiri...
Itu krn anda membatasi perspektif anda pada masa di mana manusia tiodak mampu memenuhi Taurat. Padahal penjelasan saya sebelumnya menyangkut juga rencana Tuhan di balik semua itu. Itu yg tidak anda sentuh.
Saya anggap anda sudah ngeh bahwa manusia tidak bisa mengenal Tuhan jika HANYA andalkan otak SAJA.
terus pake apaan dunk???
perasaan???
coba lihat...
1. Tuhan menurunkan Hukum Torah
2. kemudian 1500th kemudian, Tuhan (dlm wujud Yesus... kep anda) berkata Torah tidak mungkin dipikul orang
3. Merevisi, karena Torah sangat susah, dibuat hukum baru yang lebih mudah
(esensi tetep sama)...
conto...
- karena hobi orang eropa adalah babi panggang... hukum baru semua boleh termasuk babi
- sunat adalah kekejian ketika ilmu kedokteran masih primitif... dibatalkan karena mengerikan

anda tidak usah berlindung dibalik dalil
pakai saja akal anda untuk mencerna
dan bersifat kesatria jika tidak bisa menjelaskan
Image
User avatar
1 God
Suka
Suka
 
Posts: 635
Joined: 2008 05 04, 10:21

Re: ngobrol santai tentang trinitas dgn bro arema

Postby 1 God » 2011 02 04, 8:35

1 God wrote:
arema wrote:Aha..
Aha juga... :laugh:

arema wrote:
AREma wrote:Pada saat manusia melaksanakan hukum Taurat yang dari luarnya saja sudah begitu rumit dan kompleks, mereka sadar mereka tidak mampu. Pada saat mereka melihat kedalam esensi hukum Taurat, mereka akan sadar mereka adalah orang berdosa. Karena pada saat mereka mencoba memenuhinya, mereka gagal. Kegagalan menimbulkan keputus-asaan.

vs
Matius 5:20 wrote:Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
apakah anda tahu kebenaran versi ahli2 Taurat? Kebenaran mereka sebatas syariat mas. Itu yg selalu dikritik Yesus. Krn itulah Yesus mengharuskan kita hidup lebih dr kebenaran semacam itu. Jadi yg masuk sorga adalah mereka yg menjalankan hukum tidak sekadar soal liturgi, soal2 hukum fisik, soal2 halal-haram, tetapi yg benar2 mampu menjalankan hidup dgn cara mengasihi Tuhan secara total, dan mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri.
mengasihi????
Yesus berkata = kamu harus lebih baek dari ahli Torah dan kaum Farisi
---- dalam hal kasih???
apa yang patut dicontoh tentang hukum kasih dari ahli Torah dan kaum Farisi???
itu bukannya ngomong Hukum Torah

dimana LOGIKA ANDA???
anda belum bahas hal ini cak...
mana logika pondasi agama anda???
Last edited by 1 God on 2011 02 08, 12:02, edited 1 time in total.
Image
User avatar
1 God
Suka
Suka
 
Posts: 635
Joined: 2008 05 04, 10:21

Re: ngobrol santai tentang trinitas dgn bro arema

Postby arema » 2011 02 07, 2:03

1 God wrote:2. Mungkinkah Tuhan berjanji kepada manusia yang mana Tuhan tidak mampu untuk memenuhinya
point #2... jawab saja... (kalo Tuhan berjanji ---> pasti dipenuhi ... anak tk juga tahu)
mungkin / tidak ???

Kalau anak kecil saja tau Tuhan PASTI memenuhi segala janjiNya, ngapain juga ada org dewasa masih nanya kayak pertanyaan #2 itu?
Kok kalah sama anak kecil?
Mau jawaban versi anak kecil? OK, jwaban untuk #2: TIDAK MUNGKIN.
Ingat, ini bukan jawaban yg mengharuskan atau mendikte Tuhan, tapi konsekuensi logis dr keyakinan bahwa Tuhan pasti mampu memenuhi segala janjiNya, berdasarkan segala sifat yg ada padaNya.

anda tidak bisa bersifat kesatria ya?

Sdh saya jelaskan logika saya. Termasuk bagaimana alasan penggunaan diksinya. Silakan anda menilai bagaimana.

itu adalah perasaan...
terus jika murka ---> akan melaknat (itu benar)

Baik, berarti sekarang anda mengakui bahwa Tuhan itu berpribadi/berperasaan. Hal yg semula anda tolak.

lha salah? terus menyesal... gitu?? tinggal jawab sajakan
itu adalah mudah!!!

Tidak ada kesalahan dr Tuhan. Tuhan mencipta manusia lengkap dgn apa yg disebut free will. Manusia punya pilihan untuk menolak atau mematuhi Tuhan.
Yang Tuhan sesalkan adalah pilihan manusia itu. Jgn dikira Tuhan seneng2 saja ketika ada manusia berdosa mas. Tuhan berduka bahkan marah ketika manusia berdosa. Kemarahan, murka Tuhan, itulah salah satu bentuk ekspresi ketika Tuhan menyesalkan perbuatan manusia. Tuhan menyesal dan kecewa, krn itu Dia murka.



Belum mas..yg saya minta adalah rincian : apa dianalogikan apa, begitu satu persatu.
bukan hanya disini cak, tapi juga ditempat yang laen[/quote]
Kalau anda mau, silakan kutipkan.


jadi dalil agar pendeta jadi perampok / pengemis...
gitu aja kaga ngarti...

Sampai di sini anda masih belum ngerti juga bahwa perpuluhan tidak seluruhnya dipakai untuk menghidupi pendeta. Masih sangat banyak kebutuhan umat yg justru bisa dipenuhi gereja dgn bersumber dr perpepuluhan itu.
Dalam benak anda perpuluhan = 100% untuk pendeta. Itu yg saya bantah.

terus penulis dalil itu kerjanya apaan??? apa bukan pendeta?

Dalil perpuluhan berasal dr firman Tuhan.



1. ngapain ngurus urusan orang

Jadi ngapain nuduh? Ngapain curiga? Setidaknya konsistenlah dgn prinsip 'ngapain nygurus urusan org'
Kalau dgn prinsip diri sendiri saja tidak konsisten, apalagi yg bsa dipercaya dr anda?

2. terus biaya indomie dari mana cak?

Apakah anda masih bersikukuh perpuluhan = 100% untuk pribadi pendeta?

dimanapun benalu bisanya menghisap saripati inangnya sampai mati...

Buktikan ada org kristen mati atau jatuh miskin gara2 konsisten dgn perpuluhan.





arema wrote:Yang buat kebutuhan bangun gedung gereja, perawatan gedung gereja, gaji para ekerja adminsitrasi gereja, buat bangun sekolah2, rumah sakit, panti jompo, panti pemulihan narkoba, panti asuhan, anda pikir drmana? ............
anda tidak cukup punya bukti untuk menuduh perpuluhan hanya untuk memperkaya pendeta.
bukan memperkaya
tapi jadi benalu umat

1. Anda tidak punya bukti atas tuduhan anda
2. Anda tidak konsisten dg prinsip anda sendiri


terus pake apaan dunk???
perasaan???

Ketika anda setuju bahwa bukan cuma otak saja yg bisa dipakai, kira2 pakai apalagi menurut anda?
Sepertinya anda tetep saja menganggap otak saja yg dipakai mengenal Tuhan.


coba lihat...
1. Tuhan menurunkan Hukum Torah
2. kemudian 1500th kemudian, Tuhan (dlm wujud Yesus... kep anda) berkata Torah tidak mungkin dipikul orang
3. Merevisi, karena Torah sangat susah, dibuat hukum baru yang lebih mudah
(esensi tetep sama)...

Salah besar, bukan kemudian Yesus berkata demikian (seolah2 dua point itu terpisah).
Sejak awal Tuhan memang memberikan hukum Taurat untuk menunjukkan kepada manusia bahwa jika cuma mengandalkan kemampuan sendiri, tidak ada satupun manusia sanggup memulihkan hubungan dgn Tuhan. Sejak awal juga Tuhan menurunkan hukum itu untuk menyadarkan manusia bahwa kalau memang kekuatan manusia sendiri tidak bakal mampu, berserahlah kepada jalan yg diberikan Tuhan.
arema
Suka
Suka
 
Posts: 526
Joined: 2010 11 19, 8:55

Re: ngobrol santai tentang trinitas dgn bro arema

Postby 1 God » 2011 02 08, 12:00

coba lihat...
1. Tuhan menurunkan Hukum Torah
2. kemudian 1500th kemudian, Tuhan (dlm wujud Yesus... kep anda) berkata Torah tidak mungkin dipikul orang
3. Merevisi, karena Torah sangat susah, dibuat hukum baru yang lebih mudah
(esensi tetep sama)...
Salah besar, bukan kemudian Yesus berkata demikian (seolah2 dua point itu terpisah).
Sejak awal Tuhan memang memberikan hukum Taurat untuk menunjukkan kepada manusia bahwa jika cuma mengandalkan kemampuan sendiri, tidak ada satupun manusia sanggup memulihkan hubungan dgn Tuhan.
Sejak awal juga Tuhan menurunkan hukum itu untuk menyadarkan manusia bahwa kalau memang kekuatan manusia sendiri tidak bakal mampu, berserahlah kepada jalan yg diberikan Tuhan.
buktikan klaim anda ...
tentang kata sejak awal itu ( berarti adanya di PL ... awal adanya diera2 kuno )
"Tuhan cuman pamer kalo elo (manusia) ngga sanggup mikul dengan pundak sendiri"
jadi Tuhan buat kelinci percobaan kepada bani Israel dari era Musa (1500bce) sampai era Yehosua (00)
1500th Tuhan berexperimen...

buktikan klaim anda, atau itu cuman asumsi buta anda sendiri :grin:
Image
User avatar
1 God
Suka
Suka
 
Posts: 635
Joined: 2008 05 04, 10:21

Re: ngobrol santai tentang trinitas dgn bro arema

Postby 1 God » 2011 02 08, 12:06

arema wrote:
AREma wrote:Pada saat manusia melaksanakan hukum Taurat yang dari luarnya saja sudah begitu rumit dan kompleks, mereka sadar mereka tidak mampu. Pada saat mereka melihat kedalam esensi hukum Taurat, mereka akan sadar mereka adalah orang berdosa. Karena pada saat mereka mencoba memenuhinya, mereka gagal. Kegagalan menimbulkan keputus-asaan.

vs
Matius 5:20 wrote:Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
apakah anda tahu kebenaran versi ahli2 Taurat? Kebenaran mereka sebatas syariat mas. Itu yg selalu dikritik Yesus. Krn itulah Yesus mengharuskan kita hidup lebih dr kebenaran semacam itu. Jadi yg masuk sorga adalah mereka yg menjalankan hukum tidak sekadar soal liturgi, soal2 hukum fisik, soal2 halal-haram, tetapi yg benar2 mampu menjalankan hidup dgn cara mengasihi Tuhan secara total, dan mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri.
mengasihi????
Yesus berkata = kamu harus lebih baek dari ahli Torah dan kaum Farisi
---- dalam hal kasih???
apa yang patut dicontoh tentang hukum kasih dari ahli Torah dan kaum Farisi???
itu bukannya ngomong Hukum Torah
----------------------------------------------------------------------------------------------
lihat...
bandingin ama diatas ( saya keluarkan lagi- biar anda melek :grin: )
Arema wrote:Salah besar, bukan kemudian Yesus berkata demikian (seolah2 dua point itu terpisah).
Sejak awal Tuhan memang memberikan hukum Taurat untuk menunjukkan kepada manusia bahwa jika cuma mengandalkan kemampuan sendiri, tidak ada satupun manusia sanggup memulihkan hubungan dgn Tuhan.
Sejak awal juga Tuhan menurunkan hukum itu untuk menyadarkan manusia bahwa kalau memang kekuatan manusia sendiri tidak bakal mampu, berserahlah kepada jalan yg diberikan Tuhan.

---------------------------------------------------------------------------------------
2 hal yang anda klaimkan bertentangan dengan sabda Yesus sendiri...

dalil jelas...
1. Yesus datang bukan untuk menghapuskan, tapi menggenapi Torah
2. Yesus berkata "Contohlah ahli kitab dan kaum Farisi" jika ingin keselamatan (contohnya dalam pengamalan Torah)

anda berkata...
AREma wrote:Pada saat manusia melaksanakan hukum Taurat yang dari luarnya saja sudah begitu rumit dan kompleks, mereka sadar mereka tidak mampu. Pada saat mereka melihat kedalam esensi hukum Taurat, mereka akan sadar mereka adalah orang berdosa. Karena pada saat mereka mencoba memenuhinya, mereka gagal. Kegagalan menimbulkan keputus-asaan.
...

dimana pride anda??? :grin:
apakah anda terbiasa ngotot, membuta tanpa alasan dan dalil yang jelas sehingga kebenaran yang sejelas ini anda sangkal? :laugh:

berarti benar persepsi saya jika
1God wrote:Tuhan dalam persepsimu adalah Tuhan yang bodoh!!!!
Tuhan menurunkan hukum, yang mana manusia tidak bisa melakukan hukum itu sendiri...
persepsi ini diwakili oleh agama anda... :grin:
Image
User avatar
1 God
Suka
Suka
 
Posts: 635
Joined: 2008 05 04, 10:21

Re: ngobrol santai tentang trinitas dgn bro arema

Postby 1 God » 2011 02 08, 12:55

arema wrote:
1 God wrote:2. Mungkinkah Tuhan berjanji kepada manusia yang mana Tuhan tidak mampu untuk memenuhinya
point #2... jawab saja... (kalo Tuhan berjanji ---> pasti dipenuhi ... anak tk juga tahu)
mungkin / tidak ???
Kalau anak kecil saja tau Tuhan PASTI memenuhi segala janjiNya, ngapain juga ada org dewasa masih nanya kayak pertanyaan #2 itu?
Kok kalah sama anak kecil?
Mau jawaban versi anak kecil? OK, jwaban untuk #2: TIDAK MUNGKIN.
Ingat, ini bukan jawaban yg mengharuskan atau mendikte Tuhan, tapi konsekuensi logis dr keyakinan bahwa Tuhan pasti mampu memenuhi segala janjiNya, berdasarkan segala sifat yg ada padaNya.
TIDAK MUNGKIN...
bagus anda menjawab jelas :grin:

lihat asumsi dalam agama anda...
1. Tuhan berjanji kepada Abraham, hanya kepada ishak dan hanya kepada yaqub, dan hanya kepada keturunannya... (bani Israel)
- nyatanya ada nabi lain bukan dari keluarga Israel ( contoh Ayub AS )
2. Tuhan berjanji bahwa kemuliaan hanya milik Israel
- nyatanya Israel (sebagian besar) menolak tegas Yesus, ( hanya sebagai nabi saja :grin: ) bahkan membanedsebagai nabi palsu, apalagi menyembahnya :grin: ...
3. Tuhan menurunkan hukum torah untuk petunjuk hidup
- nyatanya Tuhan merevisi hukum itu ( dengan dalil penggenapan :laugh: )... lahirnya perjanjian baru
Image
User avatar
1 God
Suka
Suka
 
Posts: 635
Joined: 2008 05 04, 10:21

Re: ngobrol santai tentang trinitas dgn bro arema

Postby arema » 2011 02 08, 4:22

--deleted
arema
Suka
Suka
 
Posts: 526
Joined: 2010 11 19, 8:55

Re: ngobrol santai tentang trinitas dgn bro arema

Postby arema » 2011 02 08, 5:41

1 God wrote:buktikan klaim anda ...
tentang kata sejak awal itu ( berarti adanya di PL ... awal adanya diera2 kuno )

Itu kesimpulan. Bisa disimpulkan setelah tujuan tersingkap dgn kehadiranNya sbg manusia (Yesus) dgn segala pengajaranNya.
Cuma satu manusia yg bisa menggenapi (fulfill) hukum2 itu yaitu Yesus.

"Tuhan cuman pamer kalo elo (manusia) ngga sanggup mikul dengan pundak sendiri"
jadi Tuhan buat kelinci percobaan kepada bani Israel dari era Musa (1500bce) sampai era Yehosua (00)
1500th Tuhan berexperimen...

Tuhan bukan cuma pamer, krn juga memberikan bukti dan penggenapan.
Tuhan bukan bereksperimen, krn rencanaNya adalah sebuah kesatuan utuh. Krn itu jauh sebelum tergenapi ada nubuat2. Jika cuma coba2 gak bakal ada nubuat.

(sementara itu dulu, saya mau off)
arema
Suka
Suka
 
Posts: 526
Joined: 2010 11 19, 8:55



Previous

Return to Doktrin Trinitas

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests

cron